Jumat, 28 September 2012

E. Email

E. Email
Apa yang dimaksud dengan Email?
 Surat elektronik (Electronic Mail) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur Internet.
Apa saja kelebihan penggunaan email?
Nyaman .Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).

Cepat.Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.

Murah.Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.

Hemat sumber daya.Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
Global.E-mail bisa digunakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja sebagai sarana komunikasi di seluruh penjuru dunia,tentunya dengan menggunakan jaringan internet.

Email -- terbentuk dari dua buah suku kata "E"lectronic dan "Mail" -- E-Mail (bahasa Inggris), arti Indonesia adalah Surat Elektronik,  atau Pos Elektronik. Email adalah sebuah surat menyurat yang mekanismenya / prosesnya dilakukan dalam jalur jaringan elektronik komputer seperti Internet.

Oleh karena itu RFC 822 diperluas lagi pengertiannya pada tahun 1993 dan diupdate lagi pada tahun 1996 supaya email dapat membawa pesan multimedia. RFC ini dikenal sebagai RFC kelahiran MIME. MIME terdiri dari 3 bagian yaitu:
1.      Header yang terdiri dari Content description (diskripis dari jenis MIME yang dapat dibaca), content type (tipe data yang terdapat pada pesan) dan content – transfer – Ecoding (bagaimana data dalam pesan diencoding).
2.      Set of content type , MIME mendefinisikan jenis image yang berbeda sebagai contoh /image/jpeg dan image/gif.
3.      Way to encode data, adalah cara data seperti image dikirimkan dalam bentuk ASCII.

Langkah-lagkahnya sebagai berikut :

1. Kita buka program mozilla
2. Kita membuka default yahoo.com
3. Untuk membuat email baru secara gratis kita klik "Sign Up"
4. Setelah muncul formulir pendaftaran email, kita isi formulir tersebut secara lengkap
5. Jangan lupa kita harus menuliskan yahoo id dan password untuk pengamanan email kita
6. Selain itu kita harus menuliskan verifikasi email
7. Beri tanda centang pada pernyataan " I Agree"
8. Klik "Submit"
9. Tunggu beberapa saat kita akan mendapat pesan selamat datang dari yahoo.com

Dalam mengirim email kita dapat melampirkan file-file yang kita butuhkan. Dengan cara :

1. Buka email kita
2. Klik compose atau tulis
3. Sebelumnya kita tulis subject dan untuk siapa email itu akan dikirim. Dalam tampilan compose
    terdapat "CC" yang berarti alamat tambahan
4. Klik attachment file bila kita ingin melampirkan file
5. Setelah muncul tampilan attachment file, kita pilih file mana yang akan kita lampirkan
6. Klik attach file
7. Klik continue message
8. Klik Send.

Beberapa email yang terkumpul dalam suatu group disebut mailing list. Untuk dapat mengirim email kita harus mempunyai account email/alamat email yang digunakan untuk mengirim dan menerima email.

E-mail tidak hanya digunakan semata-mata untuk berkirim-kiriman surat elektronik, namun seiring perkembangannya ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail, antara lain:
- Mengirim e-mail berupa tulisan, teks, dan gambar.
- Mengirim e-mail dalam format grafik dan editing HTML.
- Mengirim kartu elektronik dan animasi gambar (hanya dengan bantuan provider tertentu).
- Mengirim file (attachment) berupa foto, gambar, suara, bahkan musik.
- Mengirim SMS (hanya operator tertentu)
- Mengirim satu pesan kepada beberapa alamat e-mail sekaligus.
- Dan lain-lain...
kelebihan penggunaan email
Nyaman
Untuk mengirim surat tidak perlu ke kantor pos, cukup duduk di depan komputer yang terhubung Internet dan ketik pesan lalu dikirim ke alamat tujuan. Bahkan sekarang inie-mail bisa dikirim melalui media komunikasi mobile seperti ponsel dan PDA (Personal Assistant Data).
Cepat
Hanya dengan hitungan detik e-mail dapat dikirimkan ke belahan dunia manapun.
Murah
Biaya pengiriman relatif sangat murah dibandingkan penggunaan telepon atau surat, terutama jika mengirim surat atau interlokal ke luar daerah atau luar negeri.
Hemat sumber daya
Kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.

Kelemahan penggunaan Email
Memungkinkan terjadinya pemalsuan identitas.
Memungkinkan proses penyadapan informasinya.
Memungkinkan terjadinya penipuan.
memungkinkan terjadinya penyalahgunaan dokumen.

ada beberapa macam email
1.      Address
Address yang arti harafiahnya adalah alamat, pada teknologi e-mail biasanya berarti alamat e- mail yang Anda miliki. Alamat e-mail memiliki format penulisan yang sudah ditetapkan pada standar RFC 822, di mana alamat e-mail diawali dengan nama alias, diikuti dengan tanda “@” (baca et) dan diakhiri dengan penamaan domain yang sudah terdaftar.
Nama alias biasanya adalah nama lengkap Anda yang disingkat, atau nama julukan Anda, atau nama apapun yang Anda suka. Tanda “@” mutlak harus berada antara nama alias dengan nama domain. Sedangkan penamaan domain harus menggunakan nama domain yang sudah terdaftar.
2.      Attachment
Attachment dalam bahasa Indonesia berarti lampiran. Dalam sistem e-mail, Attachment merupakan istilah untuk melampirkan dokumen-dokumen tertentu yang akan dibawa serta pada saat e-mail tersebut dikirim. Jadi, e-mail yang dikirim tidak hanya sekadar tulisan saja, melainkan dapat dilampirkan file file tertentu. Ini akan sangat memudahkan Anda dalam mendistribusikan file-file penting ke pihak lain. Jumlah file attachment dalam sekali pengiriman e-mail tidak dibatasi, namun yang biasanya dibatasi adalah ukuran file yang akan dikirim. Jadi sebaiknya, teliti dulu ukuran file attachment yang diperbolehkan untuk dikirim sebelum Anda berkirim e-mail.

Penjelasan dari E-Mail berbasis SMTP/POP dan E-Mail berbasis Web :
1.E-mail BerbasisSMTP/POP

E-mail berbasis SMTP/POP (Simple Mail Transfer Protocol/Post Office Protocol) adalah e-mail yang menggunakan server SMTP/POP, yaitu komputer yang dapat mengirim e-mail dari pengguna ke alamat e-mail yang dituju dan sebaliknya. Agar dapat menggunakan fasilitas e-mail pada server SMTP/POP, pemakai harus mempunyai account di server SMTP/POP. Selain itu, pemakai juga harus menggunakan software mail client untuk membaca dan mengirim e-mail dari dan ke server SMTP/POP. Apabila server telah menyediakan layanan Telnet, maka pengguna dapat masuk ke mesin server, kemudian menjalankan software mail client pada server. Namun jika server tidak menyediakan layanan Telnet, maka pengguna harus memiliki software mail client seperti Ms Outlook, Eudora, Ms Outlook Express, Pegasus, dan Netscape Communicator. Agar dapat menggunakan software mail client, pengguna harus melakukkan setting atau pengaturan beberapa informasi, seperti nama (alamat IP) server SMTP/POP, nama user (user name/user ID), dan password pada server e-mail.
Pada server SMTP/POP, semua e-mail yang dikirim ke pengguna dan telah memiliki account di server akan disimpan dalam sebuah direktori. Kemudian, saat pengguna menghubungi server, semua e-mail yang ditujukan kepadanya akan dikirim ke komputer client. Sebaliknya, saat pengguna ingin mengirim e-mail ke suatu alamat e-mail, maka e-mail tersebut akan dikirim ke server SMTP/POP dan selanjutnya akan diteruskan ke alamat yang dituju.

2. E-Mail Berbasis WEB
E-mail berbasis Web berbeda dengan e-mail berbasis POP. Pada E-mail berbasis Web, pengguna
tidak perlu memiliki account POP pada server SMTP/POP karena akses e-mail dilakukkan melalui Web Mail dengan menggunakan browser. Di internet, kita dapat menggunakan situs yang menyediakan layanan e-mail (webmail) gratis seperti : Yahoo (mail.yahoo.com), Google (Gmail.google.com), Hotmail (www.hotmail.com), dll.

Selain E-mail gratis, juga terdapat e-mail langganan melalui ISP (Internet Service Provider), seperti indonet.com, telkomspeedy.com, wasantara.com, elganet.com, dan lain-lain. Namun, biasanya e-mail dari ISP merupakan e-mail berbasis SMTP/POP.

Saat anda telah memiliki email, gunakanlah dengan baik dengan mengindahkan netiket. Penggunaan emoticon juga bisa anda selipkan diantara kalimat-kalimat surat elektronik yang akan dikirim kepada rekan-rekan anda.
Perlu juga rasanya saya ingatkan, bila anda mengakses akun email menggunakan mail client berbasis web pada tempat-tempat umum seperti warnet, kantor, atau lab komputer di sekolah, jangan menandai checklist Remember my ID on this computer atau semacamnya saat anda akan log-in, juga jangan pernah lupa untuk mengklik teks atau tombol sign out setiap kali anda selesai menggunakan layanan email. Hal ini memberikan jaminan ekstra bahwa akun email anda bebas dari penyalahgunaan oleh orang yang tak berhak.
Terakhir, jangan segan-segan untuk bertanya bila mengalami kesulitan saat melakukan pendaftaran akun email pertama anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar